Beranda » Informasi & Inspirasi » PROPOLIS UNTUK KOLESTEROL

PROPOLIS UNTUK KOLESTEROL

Diposting pada 15 October 2020 oleh Ketut Darmawan | Dilihat: 204 kali | Kategori:

KENALI GEJALA KOLESTEROL SEJAK DINI



Kolesterol adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Namun bila kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah.

Kolesterol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu. Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. Meskipun penting bagi tubuh, kolesterol dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi.

 

Gejala Kolesterol

Kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala. Akibatnya, banyak orang tidak sadar memiliki kadar kolesterol tinggi, sampai muncul komplikasi serius seperti penyakit jantung atau stroke. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan tes darah untuk mengetahui normal atau tingginya kolesterol.

Untuk orang dewasa, disarankan untuk melakukan pemeriksaan kolesterol tiap 4-6 tahun sekali, mulai usia 20 tahun.

Walaupun jarang mengalami kolesterol tinggi, pemeriksaan kolesterol pada anak-anak juga disarankan pada saat anak berusia 9-11 tahun, dan diulangi pada saat berusia 17-21. Pada anak-anak dari keluarga penderita diabetes dan kolesterol tinggi, pemeriksaan kolesterol disarankan pada saat anak berusia 2-8 tahun dan diulangi pada usia 12-16 tahun



Kolesterol Normal

Untuk mengetahui kadar kolesterol normal, Anda perlu memahami dulu jenis kolesterol dan fungsinya. Pada dasarnya, kolesterol tidak bisa larut dalam darah. Oleh karena itu, hati memproduksi zat yang bernama lipoprotein untuk menyalurkan kolesterol ke seluruh tubuh. Ada dua jenis lipoprotein yang utama, yaitu:

  • Low-density lipoprotein (LDL)
    LDL berfungsi membawa kolesterol ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri. Apabila kadarnya terlalu tinggi, LDL akan menumpuk di dinding pembuluh arteri. LDL dikenal sebagai ‘kolesterol jahat’.
  • High-density lipoprotein (HDL)
    HDL berfungsi mengembalikan kolesterol berlebih ke hati, untuk dikeluarkan dari tubuh. Oleh karena itu, HDL dikenal sebagai ‘kolesterol baik’.

Selain dua jenis kolesterol di atas, ada pula jenis lemak lain yang disebut trigliserida yang sering kali ikut diperiksa. Berbeda dari kolesterol yang diperlukan tubuh untuk membentuk sel dan sejumlah hormon, trigliserida digunakan sebagai sumber tenaga.

Trigliserida terbentuk ketika tubuh mengubah sisa kalori yang tidak terpakai oleh tubuh. Jika tubuh terus mendapat asupan kalori secara berlebihan dibandingkan dengan pemakaiannya, kadar trigliserida akan naik. Kondisi ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Di bawah ini adalah nilai kolesterol normal yang terdiri LDL, HDL, trigliserida, serta kolesterol total, yang bisa diketahui dari pemeriksaan darah:

  • LDL: kurang dari 100 mg/dL.
  • HDL: 60 mg/dL atau lebih.
  • Trigliserida: kurang dari 150 mg/dL.
  • Kolesterol total: kurang dari 200 mg/dL.

Penting diingat, makin tinggi kadar kolesterol HDL, akan lebih baik bagi tubuh. Sebaliknya, makin tinggi kadar kolesterol LDL, trigliserida, dan kolesterol total, akan makin buruk bagi kesehatan. Kolesterol tinggi merupakan gabungan dari nilai kolesterol total dan LDL yang tinggi, serta HDL yang rendah.

Akibat Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang berlebihan perlu ditangani. Apabila dibiarkan, kolesterol tinggi yang berbahaya ini akan menumpuk di dinding pembuluh darah arteri dan membentuk plak, sehingga membuat arteri menyempit. Kondisi ini disebut dengan aterosklerosis.

Aterosklerosis lama kelamaan dapat membuat aliran darah tersumbat, akibatnya menimbulkan sejumlah penyakit berbahaya berikut ini:

  • Penyumbatan dapat terjadi di pembuluh arteri jantung, sehingga otot jantung kurang mendapat nutrisi.
  • Serangan jantung dapat terjadi ketika aliran darah ke jantung tersumbat total.
  • Stroke dapat terjadi ketika aliran darah ke otak tersumbat.
  • Penyakit arteri perifer dapat terjadi ketika aliran darah ke tungkai tersumbat.


Penyebab Kolesterol Tinggi

Hiperkolesterolemia atau kolesterol tinggi dapat dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat, penyakit yang diderita, dan keturunan, seperti akan dijelaskan di bawah ini.


Gaya hidup tidak sehat

Konsumsi makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Contoh makanan tersebut adalah gorengan, susu full cream, kulit ayam, dan jeroan. Kebiasaan lain yang dapat meningkatkan kadar kolesterol, adalah kurang berolahraga dan merokok.


Penyakit yang diderita

Penderita obesitas, diabetes, dan hipotiroidisme rentan menderita kolesterol tinggi.


Keturunan

Kolesterol tinggi dapat dipicu oleh perubahan atau mutasi sejumlah gen, yang diturunkan dari kedua orang tua. Mutasi gen ini membuat tubuh tidak bisa membuang kolesterol dari dalam darah. Namun, kolesterol tinggi akibat faktor genetik lebih jarang terjadi bila dibandingkan dengan dua faktor sebelumnya.


Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi

Ada beberapa Ciri yang dapat dirasakan oleh penderita jika kolesterol dalam tubuh naik diantaranya :

  • Sering sakit kepala sampai sempoyongan ;
  • Pegal-pegal pada daerah punggung / bahudan belakang kepala ;
  • Jari – Jari tangan terasa kaku ;
  • Bagian leher terasa tegang dan sulit ditekuk ;
  • Terasa baal / kebas pada ujung jari tangan dan kaki.


BAGAIMANA KERJA PROPOLIS ?

Propolis sebagai antioksidan dan zat biovlafonoid melancarkan aliran darah dengan menjadikan lebih encer, melenturkan dinding pembuluh darah lebih fleksibel dan tidak kaku sehingga mengurangi flak kolesterol yang melekat pada dinding pembuluh darah yang bisa mengakibatkan penyumbatan saluran pembuluh darah, terutama pada pembuluh darah kapiler pada jantung dan ginjal. Fungsi propolis lainnya juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.


GEJALA TINDAK BALAS

Sesuai dengan konsep kerja Propolis yang melewati tiga tahapan yaitu proses pembongkaran, propses pengeluran dan proses penyembuhan, maka pada tahap awal proses pembongkaran biasanya terjadi reaksi yang dirasakan sebagai gejala tindak balas yang menandakan bahwa Propolis Sedang bekerja didalam tubuh. Reaksi tindak balas ini sifatnya hanya sementara saja dan tiap orang tidak sama tergantung daya tahan tubuh, sistem pencernaan dan berat ringannya penyakit. Untuk Kolesterol biasanya terjadi gejala tindak balas seperti : sakit kepala, jari tangan terasa kaku, pegal-pegal pada area punggung bahu dan belakang kepala, sulit ditekuk dan kaki terasa kebaas.


DOSIS PROPOLIS

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka yang perlu dipahami adalah bagaimana cara konsumsi dan Dosis Propolis yang baik dan benar. Untuk penyembuhan penyakit yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi Propolis diminum 3 kali minimal 20 tetes dicampurkan dengan ¼ air hangat selamat 6 bulan sampai betul-betul sembuh dan normal. Dalam masa penyembuhan agar menghindari makanan yang mengandung kandungan kolesterol tinggi seperti : Kuning telur puyuh, kuning telur ayam, usus sapi, otak, hati, ampla, ginjal dan paru.

 


Demikianlah artikel ini saya buat dengan tujuan berbagi informasi positif tentang kesehatan, karena dengan berbagi kita bisa membantu kerabat kita,saudara kita, teman kita bahkan siapa saja yang membutuhkan informasi tentang kesehatan. Karena salah satu kunci sukses adalah memiliki tubuh yang sehat. Orang sering berkata “ Kesehatan adalah Investasi yang Utama, tanpa Investasi Kesehatan maka suatu hari Investasi Penghasilan kita bisa saja akan habis untuk membayar biaya kesehatan kita “ Semoga kita Semua Diberi Kesehatan yang Prima !

 

Perhatian !

Pastikan Anda Mendapatkan

Produk  yang ASLI…

Karena Propolis Melia Sehat Sejahtera tidak diperjualbelikan bebas di Toko Obat, Apotik atau Toko-Toko Online.

Untuk mendapatkan produk Propolis yang Asli hanya bisa didapatkan di :

        1.  Member Aktif

         2.   Stockist Resmi

      3.   Kantor Pusat

       PT. Melia Sehat Sejahtera

 

 

Untuk mendapatkan Info tentang Pilihan Produk Propolis dan Melia Biyang

Silahkan Klik Banner dibawah ini ..!


Sumber  Buku :  Majalah TRUBUS

Keajaiban Penyembuhan Dengan Propolis

Cara Mengatasi Penyakit Dengan Propolis dan HGH

Oleh : Dr. YULIANA SARI, MKM

Bagikan

PROPOLIS UNTUK KOLESTEROL | Ketut Darmawan

Komentar (9)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka
Chat via Whatsapp
Dermawan
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Dermawan
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja